Tuesday 5 February 2013

Tahapan Pengembangan Sumber Daya Geothermal


Tahap 1 :
Koleksi literature semua data yang tersedia saat ini. Laporan tentang rangkuman literature dan kesimpulan. Kunjungan ke lapangan oleh Geolog Senior dan manajer proyek. Pemetaan lokasi GPS wilayah-wilayah dan sumur-sumur air panas.

Tahap 2 :
Pengambilan contoh air dari sumur-sumur dan pengambilan contoh gas dari lubang-lubang dangkal. Pengumpulan contoh-contoh air dan evaluasi bagi masing-masing lapangan. Laporan Kimia dan Radon, CO2. Penilaian tentang hasil-hasil pengambilan contoh air dan gas. Evaluasi lapangan-lapangan dan prioritasi lapangan-lapangan.


Tahap 3 :
Survai resistiviti geofisik menggunakan Transient-Electromagnetic (TEM) atau metode-metode Schlumberger. Opsi bagi pengembang untuk menggunakan Magneto Telluric (MT) dan pemantauan Seismic untuk patahan-patahan. Mengidentifikasi zona up-flow cairan geotermal di dalam evaluasi lapangan.

Tahap 4 :
Pengeboran lubang dangkal untuk memantau gradient temperature. Pemetaan gradient geotermal di wilayah berdasarkan pada lubang-lubang dangkal. Konfirmasi tentang temuan-temuan geotermal – anomali-anomali geofisik. Penilaian tentang pemetaan gradient geotermal dan peramalan kedalaman. Pemetaan patahan-patahan berdasarkan pada modeling 3D untuk masing-masing wilayah.

Tahap 5 :
Pengeboran sumur produksi pengujian pertama. Pemantauan dan pencatatan geofisik selama pengeboran sumur produksi.Pengujian hasil sumur produksi pengujian pertama, temperatur dan kedalaman. Pemantauan kimiawi cairan dari pengeboran sumur pengetesan. Penilaian tentang pengujian dan pemantauan sumur.

Tahap 6 :
Strategi pengoperasian untuk perancangan pusat pembangkit. Evaluasi Respon Reservoir dan penilaian kapasitas.Prtoduksi pengeboran dan sumur-sumur penginjeksian kembali. Pemantauan dan pengujian kapasitas-kapasitas sumur-sumur produksi.

Tahap 7 :
Perencanaan pengoperasian Pusat Pembangkit Tenaga. Desain proses geotermal untuk pusat pembangkit tenaga. Desain system penginjeksian kembali bagi pusat pembangkit tenaga.

Tahap 8 :
(a) Pelelangan untuk penawaran pasti bagi pusat pembangkit tenaga.
(b) Pelelangan untuk penawaran pasti bagi system pengumpul uap. Perjanjian-perjanjian bagi (a) dan (b) Perjanjian-perjanjian bagi grid connections.

Tahap 9 :
Pengujian dan Uji Coba Fungsi-fungsi.

Tahap pengoperasian.

No comments:

Post a Comment