Tuesday 5 February 2013

Ilmu yang berperan penting bagi geothermal

Nah,, seperti yang qt ketahui bahwa suatu ilmu tidak mungkin dapat berjalan sendiri tanpa adanya fondasi yang kuat atau ilmu-ilmu lain yang turut berperan dalam menguatkan argumen dari ilmu itu sendiri.
Saat ini saya akan membahas beberapa ilmu yang sangat berperan dan penting dalam ilmu geothermal (geotermal) atau panas bumi itu sendiri.



pertama,

Geokimia: Peran ilmu geokimia ini sangat penting karena dengan adanya geokimia, maka qt dapat mengetahui jenis batuan yang akan qt ambil sampelnya, jenis batuan yang ada di bawah permukaan bumi, sampel air untuk dilihat tingkat keasamannya dan zat-zat yang terkandung di dalamnya, dan kandungan gas sekitar manifestasi, dan suhunya.

kedua,

Geologi : Peran ilmu geologi mungkin hanya pada tahap-tahap awal saja, yaitu untuk menentukan daerah yang bisa dijadikan daerah manifestasi.
Seperti yang kita ketahui, bahwa ilmu geologi bisa mengetahui daerah-daerah yang berpotensi untuk dijadikan manifestasi panas bumi dari struktur batuan atau lempeng. Misalnya saja kita dapat menemukan daerah subduksi atau pertemuan lempeng dari ilmu ini. Daeraha pertemuan lempeng ini sangat penting bagi ilmu geothermal. Mengapa? karena pada daerah pertemuan lempeng ini bisa terjadi gesekan. Nah, gesekan ini bisa menghasilkan panas tentunya. Sementara itu dari daerah subduksi ini juga bisa memungkinkan daerah resapan dimana magma akan keluar.

ketiga,

Geofisika : Nah, yang terakhir yang tidak kalah pentingnya dari dua ilmu diatas, Geofisika.
Dengan ilmu ini qt dapat mengetahui rekaman struktur di bawah permukaan tanah yang akan kita bor. Dengan geofisika, kita bisa mengetahui dimana letaknya rekahan, jenis-jenis batuan di bawah permukaan, ketebalan lapisan tanah, dan lapisan permeable maupun impermeable

Ok, jadi kesimpulannya ialah bahwa kita tidak dapat menjalankan ilmu geothermal tanpa adanya ilmu-ilmu pendukung ini. Tidak bisa kita hanya memakai salah satu ilmu di atas atau cuma menggunakan 2 dari3 ilmu yang penting di atas, tapi HARUS ketiganya. Karena untuk mulai pekerjaan ini biaya yang kita keluarkan tidak sedikit.
Bayangkan, untuk sekali bor saja, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai 10 M.
masih mau mengabaikan salah satunya??

No comments:

Post a Comment